Halaman

Sabtu, 02 Oktober 2010

Okra yang Lezat

Okra, yang mempunyai nama latin Abelmochus esculentus merupakan tanaman asli Afrika. Okra merupakan tanaman tahunan, tinggi tanaman bisa mencapai 2 meter. Daunnya memiliki panjang dan lebar kira-kira 10-20 cm. Tanaman okra mempunya bunga yang sangat cantik, berdiameter 4-8 cm, mempunyai kelopak bunga yang berwarna putih sampai kekuning-kuningan, dan tampak bercak berwarna merah atau ungu pada dasar kelopak. Buahnya berbentuk kapsul dengan panjang mencapai 18 cm. Bagian dalamnya berlubang dan mengandung banyak biji. Bagian ujung buah okra runcing sehingga buah ini mirip seperti jari lentik perempuan.





Tanaman okra akan tumbuh dengan baik bila dibudidayakan di daerah tropis dan temperatur tinggi. Tanaman okra merupakan tanaman yang toleran terhadap kekeringan, namun hal ini bisa merusak kualitas polong yang dihasilkan. Tanaman okra juga toleran terhadap tanah yang miskin unsur hara dan tanah liat. Dalam membudidayakan tanaman okra, benih direndam terlebih dahulu selama satu malam. Kemudian dikecambahkan selama enam hari. Setelah itu bibit ditanam dan dirawat dengan cara disirami secara rutin dengan air yang cukup. Buah bisa dipanen satu minggu setelah penyerbukan bunga. Pemanenan sebaiknya menggunakan pisau yang tajam dan steril untuk menjaga kualitas buah.





Buah okra dikenal sebagai sayuran yang sangat lezat lho. Selain itu mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi. Dalam 100 gramnya mengandung energi 129 kj, karbohidrat 7,03 gr, gula 1,20 gr, serat 3,2 gr, lemak 0,10 gr, protein 2,00 gr, dan air sebanyak 90,17 gr. Kandungan glutation (semacam komponen antioksidan) pada okra sangat bermanfaat untuk menjaga sel-sel agar tetap prima dan menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker. Buah okra bisa dimasak tumis, sop, ataupun digoreng.





Saya sajikan salah satu resep masakan sehat dengan okra.

Untuk 4 porsi
Bahan:
(waktu persiapan: 10 menit)
400 g okra
1 sdm minyak zaitun
50 g bawang bombai, cincang
425 ml tomat puree
1 sdm saus chilli
1 sdt gula pasir
¼ sdt thyme
¼ sdt garam
1sdm basil segar, iris kasar

Cara membuat:
(waktu memasak: 15 menit)

Buang bagian pangkal okra, lalu potong melintang 3 cm.
Panaskan minyak zaitun, tumis bawang bombai sampai transparan. Masukkan tomat puree, saus chilli, gula pasir, thyme, dan garam Masak selama 2 menit.
Masukkan okra dan basil segar, masak sebentar sampai okra mulai matang. Segera angkat, dan sajikan.

Jadi, buah okra bisa dijadikan menu masakan favorit di rumah. Dan mungkin anda bisa mencobanya dengan resep yang baru. Tertarik untuk mencoba??

2 komentar:

Dyah P. Soegiri mengatakan...

mohondibantu: dimana saya bisa mendapatkan bibit okra.. Domisili di Jakarta Timur.
Terimakasih

Prunus 'Accolade' mengatakan...

Sebelumnya minta maaf karena baru membalas komentar anda. ^_^ di Indonesia, buah okra sudah tidak asing lagi. karena okra dikembangbiakkan dengan biji, Coba anda cari di toko - toko pertanian yang menjual benih. Trimakasih, Semoga berhasil, dan selamat menanam.